Monday 20 April 2015

Hal-hal Aneh yang Akan Dirindukan dari UN

hal-hal unik saat un

Kata ritual di sini merujuk pada kebiasaan-kebiasaan tapi juga tidak menutup kemungkinan ritual dalam arti yang sebenarnya

UN sudah berakhir, dan menyisakan jejak-jejak kenangan yang akan kita ingat seumur hidup kita. UN seolah menjadi hal yang sakral bagi setiap pelajar yang ada di tanah Indonesia. Bagaimana tidak, setiap pelajar pastinya berharap hanya melaksanakan UN sekali seumur hidupnya (di setiap jenjang) akhirnya, secara disadari atau tidak, selalu ada ritual-ritual atau kebiasaan khusus yang dilakukan dengan harapan memperlancar UN.

Ritual-ritual ini bukan hanya dilakukan oleh para pelajar, guru pun juga melakukan ritual-ritual ini. Nama baik sekolah dan setiap individu di dalamnya dipertaruhkan sekali dalam setahun.

Berikut ini hal-hal yang terjadi sebelum UN :

Sekolahan Menjadi Pondok pesantren


pada saat un, sekolah menjadi ponpes

Hal ini terjadi pada sekolahan umum apalagi sekolahan yang berbau islam. Secara tiba-tiba sekolahan sering mengadakan pengajian rutin, bahkan sebelum masuk ruang kelas kita harus membaca yasin atau bacaan-bacaan yang lain. Dan yang aneh, murid yang sangat nakalpun akan berubah menjadi alim dan hilang kewibawaannya.

Muncul SMS dan BC yang Memaksa


Ini yang paling menyebalkan. Maksudnya kata memaksa adalah memaksa kita untuk menyebarkan ke seluruh kontak yang ada. Biasanya isi pesannya berisi tentang bacaan-bacaan atau cerita-cerita yang di akhirnya memerintahkan kita untuk menyebarkannya dan jika tidak disebarkan kita diancam tidak akan lulus.


Selalu Mengecek Pulsa


Ini adalah amunisi perang para pelajar, dengan SMS memperlancar distribusi pengiriman kunci jawaban. Zaman semakin canggih, cara mencontekpun juga mengikuti kecanggihan zaman. Pulsa digunakan untuk mengakses informasi untuk mencari jawaban yang dianggap paling tepat.

Mbah Dukun


Beberapa siswa, orang tua murid, atau guru yang mempercayai hal-hal yang berbau klenik pasti melakukan hal ini. Pembelaannya adalah yang "yang penting usaha". Jika seorang siswa datang di tempat mbah dukun, kemungkinan besar pensil yang digunakan untuk mengisi jawaban akan diberi mantra-mantra dengan harapan bisa menjawab soal dengan benar.

Meme UN di Internet


yang terbaru adalah munculnya meme-meme yang bertebaran di internet. Meskipun kebiasaan yang masih tergolong baru, kemungkinan besar tradisi meme comic ini akan terus berlanjut. Meme merupakan fenomena yang menunjukan betapa kreatifnya anak bangsa. Meme merupakan gambar yang mempunyai tulisan dan bersifat menghibur. Setiap ada kejadian yang dianggap penting selalu muncul meme-meme dengan tema yang sama, tidak terkecual dengan UN

Itulah ritual-ritual yang biasanya dilakukan oleh pelajar, guru, dan orang tua murid agar pelajar bisa lulus UN (mungkin tidak semuanya bisa membuat lulus). Sebenarnya masih banyak tradisi-tradisi lain yang dilakukan sebelum UN. Klik untuk Berlangganan Tulisan

Masukan Email Anda:

0 komentar :

Post a Comment