Thursday 23 April 2015

Pementasan Arkeologi Beha Oleh Lebus


Salam budaya... Komunitas kesenian Jember kembali memiliki hajatan. Dalam rangka menunaikan ibadahnya yang bernama Aplikasi, Teater Tiang Universitas Jember akan mengadakan acara yang berupa serangkaian pementasan teater yang akan dimeriahkan oleh beberapa komunitas yang ada dijember. Salah satunya adalah komunitas seni pertunjukan Lebus.

Komunitas Lebus adalah komunitas yang mencoba fokus pada bidang seni pertunjukan. Pada kesempatan kali ini komunitas Lebus akan mempersembahkan sebuah pertunjukan monolog Arkeologi Beha naskah Benjon yang dimainkan Oleh Novan Dwi Saputra, disutradarai oleh Ferick Sahid Persi, Asisten sutradara sekaligus Sutradara Musik Ghuiral Safaragus, Wardrobe Putri, dan dibantu oleh Rudolf (UKM Kesenian Unej), Cholis (UKM Kesenian Unej). Pementasan akan diadakan pada tanggal 29 April jam 19:00 di PKM Universitas Negeri Jember.

Pengantar Pertunjukan

Wanita adalah makhluk yang sial dalam kehidupan patriarki. Lalulintas hidup dan tubuh wanita di atur oleh rambu-rambu yang diciptakan masyarakat. Keberadaannya merupakan serangkaian norma-norma yang diciptakan masyarakat, sehingga dirinya yang sebenarnya bebas terpaksa harus tunduk terhadap budaya patriarki yang menjadikan dirinya sebagai objek bagi laki-laki. Sementara di sisi lain agama digunakan untuk mengaturnya supaya lebih ketat lebih tidak bisa bergerak, menganggapnya sebagai musuh, sebagai iblis, yang akan masuk neraka.

Kemudian adakah pilihan bagi wanita diposisinya sekarang ini? bunuh diri merupakan tawaran yang diberikan naskah ini. Maju melawan atau bunuh diri? atau hidup penuh kesia-siaan karena tanpa kebebasan.
Klik untuk Berlangganan Tulisan

Masukan Email Anda:

0 komentar :

Post a Comment