Tuesday 27 January 2015

Ebook/PDF Konsep Teater Brech Dalam Film Dog File

Membaca ulasan tentang filem dogville yang digarap dengan gaya pemanggungan teater epik membuat saya sedikit mengerti tentang brecht. Sebenarnya isi di dalam ebook ini bukanlah buku namun lebih pada bentuk jurnal, namun isinya cukup mengurangi rasa penasaran saya pada brecht.

Teater epik melawan konsep teater realisme dengan V efectnya. Meskipun dalam tulisan saudara Philipus Nugroho Hari Wibowo ini mengulas tentang konsep pemanggungan ala teater namun tulisan ini saya rasa bermanfaat juga untuk para sineas yang mencoba mencari alternatif bentuk film yang diluar mainstream. Dalam tulisan konsep teater brect ini juga banyak diulas tentang konsep teknis pemanggungan ala brechtian, jadi tulisan ini bisa menjadi salah satu refrensi kita untuk menggarap sebuah pementasan teater ataupun filem dengan nafas brecht.

Yang disayangkan dari tulisan ini adalah tidak dibahasnya secara mendalam mengenai konsep teater brect khususnya secara tematik atau pemikiran, hanya disinggung sedikit (mungkin karena tulisan ini bukan bentuk buku) kemudian diwilayah teknis pemanggungan hanya diberikan pengertian dasarnya atau landasan berfikirnya saja tidak diberikan contoh nyata dalam aplikasinya dalam pertunjukan (mungkin akan lebih jelas jika saya melihat filem dogville) sehingga saya sedikit meraba-raba mengenai konsep teater epik ini.

Secara keseluruhan tulisan dalam bentuk ebook atau PDF ini cukup bagus. Cukup memberi wawasan bagi saya yang tidak begitu mengerti brectian.



Klik untuk Berlangganan Tulisan

Masukan Email Anda:

2 comments :

  1. mantap..
    kayaknya emang perlu nonton film dogville nya.
    atau bisa juga lihat referensi yang lain di https://www.youtube.com/watch?v=hgv_88CrfMI
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. terimakasih mas referensi filem yang sangat bagus

      Delete