Monday 4 May 2015

Siapakah Tadashi Suzuki Dalam Dunia Teater?

Saya mengenal Tadashi Suzuki dari sebuah workshop yang diadakan Teater Ruang Solo. Pada saat itu aktor Teater Ruang Solo, mas Helmy memperkenalkan kepada kami tentang metode akting Suzuki yang yang lebih menitik beratkan pada tubuh. Yang menarik lagi, Teater Ruang Solo mengembangkan metode akting Suzuki menjadi metode aktingnya sendiri yang diberi nama metode dunia berbalik, sayang metode itu tidak disharingkan kepada peserta workshop pada saat itu.


Untuk mengobati rasa penasaran saya terhadap Tadashi Suzuki saya mencoba mencari tahu tentang Tadashi Suzuki, dan hanya mendapatkan referensi dalam bahasa inggris. Tadashi Suzuki lahir pada tanggal 20 Juni 1939 di Shimizu, Shizuoka. Tadashi Suzuki merupkan merupakan seorang sutradara teater, penulis dan filsuf yang bekerja di Toga, Toyama, Jepang. Dia adalah pendiri dan Sutradara Suzuki Company Of Toga (SCOT). Penyelenggara festival teater jepang yang pertama (Toga Festival). Bersama Anne Bogart ikut mendirikan Saratoga International Theater Institut di Saratoga Spring, New York. Tadashi Suzuki adalah pencipta metode akting Suzuki. Suzuki pernah menjadi sutradara artistik umum Shizuoka Performing Arts Center (1995~2007). Ia juga merupakan anggota komite international Theatre Olypics. Anggota sekaligus pendiri Festival BeSeTo (diselanggarakan oleh seniman teater terkemuka dari jepang, korea, dan cina) dan ketua dewan direksi dari  Japan Performing Arts Foundation, jaringan teater profesional di jepang.

Naskah dan karya yang pernah dipentaskan Suzuki antara lain On the Dramatic Passions”,“The Trojan Women”,“Dionysus”,“King Lear”, “Cyrano de Bergerac”, “Madame de Sade”, dll.

Selain produksi dengan organisasinya sendiri, Suzuki juga sering melakukan kolaborasi international sebagai sutradara, salah satu karya kolaborasinya adalah The Tale of Lear, yang disajikan di empat daerah di Amerika. King Lear disajikan bersama Moscow Are Theatre, Oedipus Rex diproduksi bersama Cultural Olympiad dan Düsseldorf Schauspielhaus. Dan Electra diproduksi bersama dengan Ansan Art Center / Teater Arco Arts di Korea dan Taganka Teater di Rusia.

Dia membawa grupnya, ke Tokyo di desa pegunungan yang terpencil di Toga pada tahun 1976.
Suzuki telah menuliskan teorinya dalam beberapa buku. Kumpulan tulisannya dalam bahasa Inggris, The Way of Acting diterbitkan oleh Theatre Comunication Group (US). Dia telah mengajarkan sistem pelatihan aktingnya di sekolah-sekolah dan grup teater di seluruh dunia, termasuk Juliard School dan Moscow Art Theatre. Cambridge University Press menerbitkan The Theater Of Suzuki Tadashi.

berikut ini video yang berisikan metode akting suzuki


ini juga


Itulah secuil biografi dari Tadashi Suzuki yang saya ambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/Tadashi_Suzuki, ada beberapa bagian yang sulit diterjemahkan jadi saya lompati. Semoga bermanfaat. Klik untuk Berlangganan Tulisan

Masukan Email Anda:

0 komentar :

Post a Comment