Thursday 28 January 2016

4 Cara Menemukan Ide Menulis

Menulis merupakan kegiatan mendokumentasikan pemikiran dan imajenasi lewat media tulisan. Ada banyak sekali jenis tulisan, secara garis besar dibedakan dalam dua hal yakni fiksi dan nonfiksi. Dari dua jenis tulisan itu berkembang berbagai genre atau jenis tulisan yang lain. Menulis merupakan kegiatan kreatif yang membutuhkan ide untuk menuliskannya. Terkadang dalam melakukan kegiatan kepenulisan kita menemui jalan buntu dan akhirnya tulisan kita terbengkalai. Sebenarnya ada banyak sekali metode yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan ide dalam menulis. Berikut ini akan saya paparkan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan ide untuk menulis
Menemukan Ide Menulis


1.      Mendengarkan musik
Alunan musik dipercaya mampu menimbulkan perasaan-perasaan tertentu tergantung dari suasana musik yang didengarkan. Ketika anda buntu dalam menulis cobalah mendengarkan alunan musik yang ingin anda dengarkan. Usahakan musik yang anda dengarkan adalah musik instrumental karena dengan mendengarkan musik berlirik imajinasi kita tidak akan bebas namun mendengarkan music berlirikpun juga bisa. Dengarkan alunan musiknya, rasakan atmosfir yang diciptakan musiknya, biarkan imajinasi anda terbang bebas bersama nada-nada itu, lalu menulislah

2.      Beraktinglah
Cara kedua ini sering saya gunakan karena saya merupakan dekat dengan kehidupan teater. Dengan menggunakan cara ini anda harus paham, Anda ingin berakting menjadi seperti siapa? Anda harus tau gaya tulisan siapakah yang ingin anda tiru? Tapi bukan plagiat. Contoh: anda ingin meniru gaya menulis gabriel garcia marques maka anda harus pahan seperti apakah fisik tulisannya seperti apakah pemikirannya, kemudian bagaimanakah garcia akan menulis jika dia dihadapkan pada sebuah masalah tertentu. Bertanyalah kepada diri anda sendiri jika Garcia ada diposisi saya dan melihat fenomena yang saya lihat maka tulisan seperti apakah yang akan diciptakannya.

3.      Meracau

 Cara ini sering saya gunakan ketika saya bosan dan suntuk. Saya akan menulis segala sesuatu yang ada diotak saya bahkan ketika otak saya buntuk saya akan menulis segala sesuatu dengan asal-asalan. Saya menulisnya secara membabi buta dan tidak jelas bentuknya. Namun kemudian ketika dibaca lagi maka saya bertemu dengan ide yang menarik kemudian saya kembangkan atau saya perbaiki tulisan saya yang ngawur tadi hingga menjadi tulisan yang utuh.

4.      Bacalah karya orang lain
Membaca karya orang lain akan memberikan kita pengetahuan-pengetahuan yang baru dan mempengaruhi gaya tullisan anda, oleh dari itu guru menulis yang paling baik adalah membaca. Dengan membaca akan memberikan kit aide-ide yang lain contohnya ketika anda selesai membaca cerita Malin kundang anda bisa membuat tulisan setelah malin kundang berubah menjadi batu atau menulis cerita tentang ayah Malin kundang atau bahkan membuat cerita yang sama sekali baru tapi tetap ide dasarnya berasal dari membaca cerita Malin Kundang. Cara ini biasa disebut dengan inter teks atau dekontruksi, dll.


Demikianlah empat cara yang saya lakukan ketika mengalami kebuntuan dalam.menulis yang paling penting adalah berani mencoba meskipun hasil tulisannya nanti tidak akan seindah yang anda inginkan tapi anda bisa memperbaikinya pada tulisan anda selanjutnya

Klik untuk Berlangganan Tulisan

Masukan Email Anda:

0 komentar :

Post a Comment